Saturday, August 22, 2009

Active Noise Control Technology

Tidak ada keraguan tentang efisiensi bahan bakar Toyota Crown Hybrid yang menggabungkan kenyamanan sedan mewah dengan efisiensi mobil hibrid. Tetapi mobil tidak luput dari masalah, menggunakan teknologi seperti yang dipakai Lexus GS Hybrid, Toyota melakukan sedikit modifikasi mengejar efisiensi lebih tinggi lagi, efek sampingnya, raungan mesin semakin tinggi.



Cara konvensional untuk mengatasi raungan dari mesin ke dalam kabin adalah dengan menambahkan isolator suara untuk membentengi kabin. Toyota terkenal jago membuat mobil yang sangat hening, seperti pada model sedan Toyota dan sedan Lexus di kelas lainnya. Tapi Toyota tidak hanya berhenti di situ. Para insinyur Toyota mengembangkan sistem baru yang disebut Active Noise Control.

Active Noise Control menggunakan tiga mikrofon yang terpasang di langit-langit untuk mendeteksi raungan mesin mobil dan kemudian menghasilkan sinyal dengan fase gelombang berlawanan (antiphase) dari tiga speaker. Dua speaker di setiap depan pintu kiri dan kanan, dari subwoofer di belakang. Antiphase sinyal gelombang ini dengan gelombang suara dari mesin dan keduanya saling memusnahkan. Hasilnya, dengan sistem ini raungan mesin ke kabin berkurang 5 - 8 dB. Penumpang merasa kabin bertambah senyap.

Prinsip kerja Noise Active COntrol mirip dengan NOise-cancelling pada ponsel, namun tidak hanya itu, prinsip Membuat sistem akustik interior mobil itu tidak mudah. Tidak seperti ponsel, sistem dalam mobil tidak hanya berkaitan dengan kebisingan yang menyebabkan mesin, tapi juga gema yang memantul dari dinding interior mobil. Toyota mempunyai taktik terhadap kesulitan, untuk merancang sebuah sistem untuk memusnahkan gelombang mesin di sekitar kepala atau di ketinggian telinga penumpang.

Untuk mencapai hasil desain seperti itu, banyak data dikumpulkan Toyota, seperti jarak antara mikrofon dan kepala penumpang, jarak antara masing-masing speaker dan kepala penumpang mobil interior.

Sistem ini akan selalu bekerja ketika mobil berjalan dan tidak dapat on / off secara manual. Sistem ini juga tidak mengganggu suara musik di dalam mobil. Toyota Crown Hybrid juga dilengkapi dengan Night Lihat untuk membantu driver melihat lebih 'jauh' di kegelapan malam. VDIM adalah fitur lain yang membantu pengemudi tetap di permukaan trek.

No comments:

Post a Comment