Saturday, November 26, 2011

Hyundai Sonata Hybrid



Hyundai Sonata Hybrid, diharapkan akan dipasarkan akhir tahun ini, yang merupakan mobil hybrid pertama dari pabrikan asal Korea Selatan yang dipasarkan di Amerika Serikat. Menurut data test Hyundai, Hyundai Sonata Hybrid mempunyai konsumsi bahan bakar 37 mpg dalam kota dan 39 mpg highway, yang merupakan modal dalam untuk bersaing dengan lawan-lawannya.

Hyundai Sonata Hybrid bersaing langsung dengan Toyota Camry Hybrid (33/34) dan Ford Fusion Hybrid (41/36), Mobil hybrid yang paling poppuler untuk kelas sedan menengah. Hyundai Sonata Hybrid tidak sama persis dengan saudara kandungnya, lebih dari itu Hyundai mengembangkan arsitektur hybrid sendiri untuk mengurangi bobot dan meningkatkan efisiensi bahan bakar saat digunakan di highway.

"Hyundai Sonata Hybrid seperti New Kid On the Block, tapi bukan pengikut", John Krafcik, presiden dan CEO, Hyundai Motor Amerika. Dengan konfigurasi hybrid parallel dan battery lithium polymer merupakan paket yang unik di kelas mid-size hybrid.

Konsumsi bahan bakar yang seimbang

Tidak seperti sistem hybrid dari Ford dan Toyota, Hyundai tidak menggunakan CVT (Continuosly Variable Transmission dengan generator dan motor listrik terintegrasi. Hyundai menggunakan 6 speed Automatic Transmission dengan motor listrik yang menggantikan fungsi dari Torque Converter. 6 speed Automatic Transmission akan menjadi senjata rahasia dari Hyundai Sonata Hybrid. Apa bedanya? Itu artinya Hyundai mencoba mengatasi kompalin dari pengguna hybrid yang merasa membosankan saat berkendara dengan hybrid yang irit saat dikendarai di dalam kota, tetapi berkurang efisiensinya saat dikendarai di highway.



"Tidak seperti hybrid tradisional yang konsumsi bahan bakar dalam kota lebih irit dibanding highway, Hyundai Sonata Hybrid memberikan konsumsi bahan bakar yang lebih efisien, dan lebih hemat 40% jika dibandingkan dengan Hyundai Sonata dengan Theta II GDI engine," kata John Krafcik. "Kami kira ini akan menjadi pendekatan yang seimbang untuk mayoritas konsumen."

Dengan hybrid parallel, Hyundai Sonata Hybrid bisa beroperasi dengan menggunakan motor listrik, atau hanya dengan engine konvensional, atau beroperasi dengan keduanya secara bersamaan sesuai dengan kondisi pengendaraan dan kemauan pengendara. Tenaga Hyundai Sonata Hybrid dengan kombinasi motor listri dan engine mencapai 209 HP mengalahkan Camry Hybrid (187 HP) dan FOrd Fusion Hybrid (191 HP).

Toyota Prius Hybrid hatchback, dengan konsumsi 50 mpg, masih memimpin dalam efisiensi bahan bakar. Hyundai Sonata Hybrid mempunyai keunggulan dengan ukuran mid-size sedan dengan bagasi yang lebih luas.

Battery Lithium Polymer dan Berat Yang Lebih Ringan

Mobil Hybrid dikritik karena menggunakan battery pack yang lebih berat yang artinya satu langkah maju tapi dua langkah mundur. Hyundai mengatasi hal tersebut dengan menggunakan battery lithium polymer yang lebih ringan. Semakin ringan battery akan mengurangi bobot mobil secara keseluruhan, dan membuat Hyundai Sonata Hybrid teringan dalam kelasnya, hanya 3457 pound-263 pound lebih ringan dari Fusion Hybrid. Hyundai Sonata Hybrid memiliki rasio tenaga-berat (power-to-weight) terbaik di kelas mid-size sedan hybrid.



Battery pack Hyundai Sonata Hybrid dengan daya 1,4 Kwh beratnya cuma 95,9 pound dibandingkan dengan Camry hyrbrid yang beratnya 123,9 pound. Dibandingkan dengan battery Nikel Metal Hydride, battery lithium polymer dengan daya yang sama, memiliki bobot 20-30% lebih ringan. Cell battery di supplai oleh LG Chem, sama dengan cells yan digunakan GM pada Chevrolet Volt.

Diterjemahkan dari Hyundai Sonata Hybrid

No comments:

Post a Comment