Saturday, November 26, 2011

All New Honda Civic 2012



All new Honda Civic hybrid 2012-generasi kesembilan, menggunakan battery lithium ion untuk pertama kali, meningkatkan efisiensi dari 41 mpg menjadi 44 mpg. Model baru ini mempunyai efisiensi yang sama baik dalam kota maupun di highway.

Peningkatan dalam efisiensi ini semakin memperkokoh posisi Civic hybrid di posisi kedua diantara mobil-mobil sekelasnya setelah Toyota Prius. Dengan peningkatan efisiensi ini semakin mendekatkan Civic untuk menyaingi Toyota Prius dan mengalahkan Lexus CT 200h (42 mpg). Honda mengklaim Civic hybrid sebagai sedan paling efisien di Amerika Serikat.

Seperti Civic yang lain - ada lima versi yang berbeda, termasuk HF (high fuel-efficiency non hybrid model) - All New Civic hybrid 2012 memiliki eksterior yang telah disempurnakan, interior yang didesain ulang dan fitur-fitur baru.

Powertrain



Honda Civic hybrid 2012 menggunakan sistem powertrain hybrid generasi kelima yang disebut Integrated Motor Assist (IMA). IMA berarti motor listrik/generator diintegrasikan diantara engine dan transmisi dan "hanya" membantu engine. Jika dibandingkan sistem hybrid dari Ford atau Toyota dimana motor listrik dapat membantu engine plus menggerakkan mobil di mode full-elektrik. Secara sederhana, Honda Civic hybrid menghentikan konsumsi bensin dan mobil hanya menggunakan motor listrik, tetapi komponen engine masih berputar. Honda Civic hybrid mematikan engine disaat mobil berhenti dan menyalakan engine disaat mobil akan berjalan.

Karena penggunaan battery lithium-ion, Honda Civic Hybrid 2012 menggunakan mesin bensin yang lebih besar, mesin 4 silinder 1,5l menggantikan mesin sebelumnya yang 1,3l. Kombinasi ini tidak menambah daya dari versi sebelumnya yaitu 110 Hp. Yuuji Fujiki, chief engineer dari Honda IMA hybrid system, menjelaskan dengan engine yang lebih besar cc-nya, engine akan bekerja pada RPM yang lebih rendah, sehingga akan lebih sering menggunakan motor listrik dan menghasilkan pengendaraan yang lebih tenang.

Menurut Fujiki setiap aspek dari sistem hybrid didesain untuk mencapai efisiensi optimal-seperti motor yang meningkat dari 15kW menjadi 20kW, menggunakan lebih banyak koil, magnet yang lebih lebar, dan menggunakan spacer plastik untuk managemen temperatur yang lebih baik.



Battery Li-ion lebih kuat 5kW dan 30% lebih ringan dari generasi sebelumnya yang menggunakan nickel-metal hydride. Dengan IMA yang lebih besar tenaganya dan efisiensi batttery yang naik 35% memungkinkan Honda Civic hybrid lebih sering Mengomenggunakan tenaga motor listrik didalam situasi pengendaraan dengan kecepatan rendah.

Melengkapi IMA sistem adalah Continuosly Variable Transmission (CVT). CVT terdiri dari drive pulley dan driven pulley yang dihubungkan dengan sabuk baja, dan beroperasi seperti sepeda
dengan 10 kecepatan. Kombinasi ini menghasilkan efisiensi saat high-gear ratio, dan low-gear ratio dengan lembut, tanpa pergantian gigi seperti transmisi otomatis konvensional.

Diterjemahkan dari Honda Civic Hybrid

1 comment:

  1. mobil hybrid honda mana saja yang sudah masuk pasar indonesia ? dan sudah ada regulasi yang menurunkan tingkat pajak. memang sudah waktu produsen meningkatkan produksi mobil yang sangat irit bbm dan ramah lingkungan, karena bbm sudah mahal dan mulai langka.

    ReplyDelete