Tuesday, September 08, 2009

Mobil Hybrid Jepang Terbaru Menyerbu USA

Jumlah dari mobil hybrid bensin-listrik ( gas-electric hybrid car ) yang ditawarkan oleh perusahaan otomotif jepang akan bertambah dalam beberapa tahun kedepan. Hal itu dibuktikan dengan laporan dari Automotive News minggu ini mengenai daftar mobil hybrid terbaru-berisi tentang model mobil hybrid secara spesifik yang akan masuk ke pasar USA sekitar tahun 2011.

Tulisan ini tidak berbicara mengenai mobil konsep yang mempunyai kesempatan terbatas menjadi mobil produksi. Daftar ini mengenai kendaraan produksi massal yang akan menawarkan mobil dengan teknologi hybrid yang fuel-efficient. Mobil hybrid terbaru akan mengisi beberapa segmen mobil yang sebelumnya kosong dari pasar mobil hybrid seperti minivan, subcompact, dan pick-up truck. Biasanya, pabrikan mobil Jepang menunggu untuk mengkonfirmasikan rencana produk nya sampai menjelang tanggal pelepasan ke pasr, maka beberapa model yang dilaporkan oleh Automotive News adalah sesuatu yang nyata.

Inilah beberapa model mobil hybrid yang akan di release.

Toyota



Toyota Yaris mengalami desain ulang untuk tahun model 2012. Mengikuti trend Toyota Prius, Toyota Yaris akan dipasangi dengan mesin 1.8 liter-untuk menggantikan mesin sekarang yang berkapasitas 1.5 liter 106 hp- dan menambahkan teknologi hybrid. Efisiensi bahan bakar juga akan meningkat tajam. Sedan full-sized Avalon juga akan didesain ulang untuk tahun 2012, untuk lebih mengakomodasi teknologi hybrid.



Mobil konsep Toyota A-BAT hybrid pick-up, yang diperkenalkan pada Auto Show 2008, akan diperkenalkan dengan nama Scion hybrid pickup. Toyota Scion 2001 iQ, ditempatkan untuk menyaingi Smart For Two, yang bukan hybrid. Tapi dengan ukurannya yang kecil-dengan panjang 10 feet-dan mesin 1.3 liter empat-silinder akan memiliki efisiensi setara dengan mobil hybrid pada umumnya.

Lexus



Lexus ES-yang merupakan model entry level akan didesain ulang untuk 2012, dan teknologi hybrid akan ditambahkan. Kita akan melihat juga model Lexus yang lebih kecil yang akan diperkenalkan pada pasar USA untuk menyaingi BMW seri-1 pada permulaan tahun 2012.

Honda



Honda tidak meneruskan Honda Accord Hybrid yang lebih mengutamakan performa dengan mesin 6 silinder. Di tahun 2011, fokus sekarang berubah kearah efisiensi. Honda membatalkan rencana untuk Accord versi diesel dan Honda Odissey minivan, tetapi Automotive News mengindikasikan bahwa Honda Odissey akan didesain ulang ditahun 2011 untuk versi hybrid. Yang terlebih dahulu diperkenalkan adalah CR-Z hybrid yang kecil dan sporty dan akan dijual pada musim semi 2010. Honda juga mempunyai rencana untuk memproduksi mobil sub compact all-electric.

No comments:

Post a Comment