Tuesday, September 08, 2009

Mobil Hybrid dari Hundai

Frankfurt Auto Show 2009 belum lagi dimulai sampai tanggal 17 September, tetapi Hyundai Motor Company telah siap membangun arah kebijakan perusahaan mengenai green-car future lebih jelas. Daftar model-model Hyundai dan Kia Eco-mobil hybrid yang akan ditampilkan di Frankfurt Auto Show-menjadi salah satu bukti bahwa visi perusahaan yang ingin menjadi pemimpin dalam teknologi mobil yang efisien bahan bakar-fuel efficiecy.



Mobil-mobil dengan merk Hyundai dan Kia yang akan dipajang di Frankfurt Auto Show meliputi city car, mobil konsep hybrid crossover SUV, dan mobil listrik (all electric city car), plug-in hybrid, mobil diesel yang dilengkapi dengan teknologi micro hybrid stop-start technology, dan sedan ukuran menengah berbahan bakar Liquid Petroleum Gas dikombinasikan dengan battery lithium.

Menurut John Krafcik, CEO Hyundai Motor America, mengatakan, "Kita mengambil langkah untuk memproduksi mobil dengan efisiensi bahan bakar yang lebih tinggi dan lebih cepat dibandingkan dengan merk mobil lain. Kita akan melampaui Toyota dan Honda pada tahun 2015". Dia berbicara dengan tegas, dan menjanjikan Hyundai Motor Amerika akan mencapai efisiensi konsumsi bahan bakar 35 mil per gallon pada tahun 2015, satu tahun lebih cepat dari penetapan regulasi mengenai efisiensi bahan bakar. Beberapa mobil konsep yang akan di display di Frankfurt Auto Show mengindikasikan cara hyundai dalam mencapai tujuannya dan mencapai target penjualan 500 ribu mobil hybrid pertahun pada tahun 2018.



Di Frankfurt, akan menjadi debut untuk Hyundai ix Metro yang merupakan konsep mobil hybrid. Small Car yang futuristis ini-tidak lebih besar dari Hyundai i20 hatcback tetapi lebih besar dari minicar i10. Mobil konsep ini lebih mengutamakan penurunan kapasitas mesin sebagai kunci strategi. Mobil ini dilengkapi dengan mesin 3 silinder 1.0 liter dan dikombinasikan dengan teknologi hybrid menghasilkan tenaga 123 hp. Hyundai Metro ix hanya dipersenjatai dengan mesin 3 silinder 1.0 liter karena ukurannya yang kecil-dan melalui penggunaan injeksi langsung (direct injection), turbo charging, ultra capacitor dan mild hybrd system.

Mobil listrik Hyundai i10, menggunakan battery 16 kWH dan sebuah motor 49 kW untuk menempuh jarak 100 mil. Hyundai i10-all electric dilengkapi dengan teknologi x-by-wire system untuk steering, AC, waterpump dan brake vacuum pump. Hyundai mengkonfirmasi bahwa i10-all electric siap untuk diproduksi dan akan dijual dikorea pada semester kedua tahun 2010.



Hyundai juga mempunyai produk untuk menyaingi chevrolet volt dan akan memperkenalkannya di frankfurt Auto Show 2009, yaitu HND-4"Blue-Will" plug-in hybrid, bisa menempuh jarak 40 mil dengan mode all-electric-meskipun mobil ini tetap menggunakan arsitektur parallel hybrid. Blue Will, dipasarkan di Seoul pada akhir musim semi ini, mengkombinasikan mesin empat silinder 1.6 liter dengan direct-injection untuk men-charge battery lithium polymer, yang mensupply power motor listrik untuk menggerakkan roda depan. Total tenaga yang dihasilkan sistem ini yaitu 154 hp. Blue Will juga sebagai pembuktian dari periferal teknologi yang dipasang di mobil ini seperti carbon fiber yang ringan, penggunaan dari atap sebagai sumber listrik untuk sistem ventilasi mobil, dan material interior yang terbuat dari ekstrak bio-degradable plant, dan headlamp yang terbuat dari botol soft drink.

Hyundai juga akan menggunakan Frankfurt Auto Show untuk debut Elantra LPI Hybrid di Eropa, Mobil hybrid pertama di dunia yang akan dilengkapi dengan mesin berbahan bakar Liquid Natural Gas dan battery lithium ion polymer.

No comments:

Post a Comment