Saturday, November 26, 2011

All New Honda Civic 2012



All new Honda Civic hybrid 2012-generasi kesembilan, menggunakan battery lithium ion untuk pertama kali, meningkatkan efisiensi dari 41 mpg menjadi 44 mpg. Model baru ini mempunyai efisiensi yang sama baik dalam kota maupun di highway.

Peningkatan dalam efisiensi ini semakin memperkokoh posisi Civic hybrid di posisi kedua diantara mobil-mobil sekelasnya setelah Toyota Prius. Dengan peningkatan efisiensi ini semakin mendekatkan Civic untuk menyaingi Toyota Prius dan mengalahkan Lexus CT 200h (42 mpg). Honda mengklaim Civic hybrid sebagai sedan paling efisien di Amerika Serikat.

Seperti Civic yang lain - ada lima versi yang berbeda, termasuk HF (high fuel-efficiency non hybrid model) - All New Civic hybrid 2012 memiliki eksterior yang telah disempurnakan, interior yang didesain ulang dan fitur-fitur baru.

Powertrain



Honda Civic hybrid 2012 menggunakan sistem powertrain hybrid generasi kelima yang disebut Integrated Motor Assist (IMA). IMA berarti motor listrik/generator diintegrasikan diantara engine dan transmisi dan "hanya" membantu engine. Jika dibandingkan sistem hybrid dari Ford atau Toyota dimana motor listrik dapat membantu engine plus menggerakkan mobil di mode full-elektrik. Secara sederhana, Honda Civic hybrid menghentikan konsumsi bensin dan mobil hanya menggunakan motor listrik, tetapi komponen engine masih berputar. Honda Civic hybrid mematikan engine disaat mobil berhenti dan menyalakan engine disaat mobil akan berjalan.

Karena penggunaan battery lithium-ion, Honda Civic Hybrid 2012 menggunakan mesin bensin yang lebih besar, mesin 4 silinder 1,5l menggantikan mesin sebelumnya yang 1,3l. Kombinasi ini tidak menambah daya dari versi sebelumnya yaitu 110 Hp. Yuuji Fujiki, chief engineer dari Honda IMA hybrid system, menjelaskan dengan engine yang lebih besar cc-nya, engine akan bekerja pada RPM yang lebih rendah, sehingga akan lebih sering menggunakan motor listrik dan menghasilkan pengendaraan yang lebih tenang.

Menurut Fujiki setiap aspek dari sistem hybrid didesain untuk mencapai efisiensi optimal-seperti motor yang meningkat dari 15kW menjadi 20kW, menggunakan lebih banyak koil, magnet yang lebih lebar, dan menggunakan spacer plastik untuk managemen temperatur yang lebih baik.



Battery Li-ion lebih kuat 5kW dan 30% lebih ringan dari generasi sebelumnya yang menggunakan nickel-metal hydride. Dengan IMA yang lebih besar tenaganya dan efisiensi batttery yang naik 35% memungkinkan Honda Civic hybrid lebih sering Mengomenggunakan tenaga motor listrik didalam situasi pengendaraan dengan kecepatan rendah.

Melengkapi IMA sistem adalah Continuosly Variable Transmission (CVT). CVT terdiri dari drive pulley dan driven pulley yang dihubungkan dengan sabuk baja, dan beroperasi seperti sepeda
dengan 10 kecepatan. Kombinasi ini menghasilkan efisiensi saat high-gear ratio, dan low-gear ratio dengan lembut, tanpa pergantian gigi seperti transmisi otomatis konvensional.

Diterjemahkan dari Honda Civic Hybrid

Ford Focus EV



Banyak perusahaan pembuat mobil listrik berusaha mengkompensasi "Glorified Golf Car Syndrome." Hal ini seperti inferioti kompleks yang memaksa mereka memproduksi ultra-hip, inovasi spektakuler atau kendaraan mobil listrik yang cepat, meskipun ini menyebabkan harga yang semakin mahal, dan diluar jangkauan dari mayoritas konsumen

Jawaban atas permasalahan tersebut bisa terjawab oleh Ford Focus Electric yang akan dipasarkan pada akhir 2011. Ford Focus EV difokuskan untuk mengatasi halangan terbesar dari EV (electric vehicle) yaitu mahal.

Ford Focus EV menggunakan platform Focus yang sudah ada. Dengan memilih paltform yang sudah eksis, Ford menghemat pengeluaran yang akan lebih besar bila mengembangkan model yang baru dan unik.

Cara kedua Ford menghemat biaya adalah dengan menggunakan teknologi mobil listrik yang sudah ada sebelumnya. Dengan kata lain, Ford menggunakan sistem mobil listrik yang dikembangkan oleh Magna International. sebuah perusahaan global yang telah mencari pabrikan untuk memakai paket baru arsitektur mobil listrik, termasuk motor listrik,transmisi,motor controller,battery lithium ion dan sistem pengisian. Ford menjadi pabrikan pertama yang menyetujuinya.

Ford Focus EV ditargetkan bisa dikendarai sepanjang 100 mil tanpa di charge,ini berkat battery pack dengan daya 23 Kwh. Ford Focus EV bukan termasuk plug-in series hybrid, dikategorikan "extended-range electric vehicle", Ford Focus EV akan menggunakan single-speed transmission. Powertrain termasuk motor listrik dan gearbox akan dipasang dibawah engine hood yang biasanya terisi dengan engine konvensional.

Hyundai Sonata Hybrid



Hyundai Sonata Hybrid, diharapkan akan dipasarkan akhir tahun ini, yang merupakan mobil hybrid pertama dari pabrikan asal Korea Selatan yang dipasarkan di Amerika Serikat. Menurut data test Hyundai, Hyundai Sonata Hybrid mempunyai konsumsi bahan bakar 37 mpg dalam kota dan 39 mpg highway, yang merupakan modal dalam untuk bersaing dengan lawan-lawannya.

Hyundai Sonata Hybrid bersaing langsung dengan Toyota Camry Hybrid (33/34) dan Ford Fusion Hybrid (41/36), Mobil hybrid yang paling poppuler untuk kelas sedan menengah. Hyundai Sonata Hybrid tidak sama persis dengan saudara kandungnya, lebih dari itu Hyundai mengembangkan arsitektur hybrid sendiri untuk mengurangi bobot dan meningkatkan efisiensi bahan bakar saat digunakan di highway.

"Hyundai Sonata Hybrid seperti New Kid On the Block, tapi bukan pengikut", John Krafcik, presiden dan CEO, Hyundai Motor Amerika. Dengan konfigurasi hybrid parallel dan battery lithium polymer merupakan paket yang unik di kelas mid-size hybrid.

Konsumsi bahan bakar yang seimbang

Tidak seperti sistem hybrid dari Ford dan Toyota, Hyundai tidak menggunakan CVT (Continuosly Variable Transmission dengan generator dan motor listrik terintegrasi. Hyundai menggunakan 6 speed Automatic Transmission dengan motor listrik yang menggantikan fungsi dari Torque Converter. 6 speed Automatic Transmission akan menjadi senjata rahasia dari Hyundai Sonata Hybrid. Apa bedanya? Itu artinya Hyundai mencoba mengatasi kompalin dari pengguna hybrid yang merasa membosankan saat berkendara dengan hybrid yang irit saat dikendarai di dalam kota, tetapi berkurang efisiensinya saat dikendarai di highway.



"Tidak seperti hybrid tradisional yang konsumsi bahan bakar dalam kota lebih irit dibanding highway, Hyundai Sonata Hybrid memberikan konsumsi bahan bakar yang lebih efisien, dan lebih hemat 40% jika dibandingkan dengan Hyundai Sonata dengan Theta II GDI engine," kata John Krafcik. "Kami kira ini akan menjadi pendekatan yang seimbang untuk mayoritas konsumen."

Dengan hybrid parallel, Hyundai Sonata Hybrid bisa beroperasi dengan menggunakan motor listrik, atau hanya dengan engine konvensional, atau beroperasi dengan keduanya secara bersamaan sesuai dengan kondisi pengendaraan dan kemauan pengendara. Tenaga Hyundai Sonata Hybrid dengan kombinasi motor listri dan engine mencapai 209 HP mengalahkan Camry Hybrid (187 HP) dan FOrd Fusion Hybrid (191 HP).

Toyota Prius Hybrid hatchback, dengan konsumsi 50 mpg, masih memimpin dalam efisiensi bahan bakar. Hyundai Sonata Hybrid mempunyai keunggulan dengan ukuran mid-size sedan dengan bagasi yang lebih luas.

Battery Lithium Polymer dan Berat Yang Lebih Ringan

Mobil Hybrid dikritik karena menggunakan battery pack yang lebih berat yang artinya satu langkah maju tapi dua langkah mundur. Hyundai mengatasi hal tersebut dengan menggunakan battery lithium polymer yang lebih ringan. Semakin ringan battery akan mengurangi bobot mobil secara keseluruhan, dan membuat Hyundai Sonata Hybrid teringan dalam kelasnya, hanya 3457 pound-263 pound lebih ringan dari Fusion Hybrid. Hyundai Sonata Hybrid memiliki rasio tenaga-berat (power-to-weight) terbaik di kelas mid-size sedan hybrid.



Battery pack Hyundai Sonata Hybrid dengan daya 1,4 Kwh beratnya cuma 95,9 pound dibandingkan dengan Camry hyrbrid yang beratnya 123,9 pound. Dibandingkan dengan battery Nikel Metal Hydride, battery lithium polymer dengan daya yang sama, memiliki bobot 20-30% lebih ringan. Cell battery di supplai oleh LG Chem, sama dengan cells yan digunakan GM pada Chevrolet Volt.

Diterjemahkan dari Hyundai Sonata Hybrid