Tuesday, April 01, 2014

Stop-Start Engine Hybrid

Stop-Start hybrid adalah teknologi hybrid yang paling sederhana, tetapi teknologi yang minimalis ini akan banyak diterapkan pada mobil pada tahun-tahun terdekat ini. Sistem ini tersusun dari alat penyimpan energi-seperti battery dan motor starter yang bisa berfungsi seperti generator.

Sistem start-stop disebut juga idle-stop karena sistem ini mematikan mesin dengan menghentikan injeksi bahan bakar dan membatasi polusi saat kendaraaan sedang idling.

Prinsip kerjanya, Engine Control Unit mematikan mesin saat deselerasi sampai mobil berhenti total. Dan sesegera mungkin saat pengemudi menekan pedal kopling, menggerakkan tuas transmisi atau akselerasi, ECU akan mengaktifkan motor starter untuk menghidupkan mesin.



Sistem stop-start merupakan sistem hybrid yang paling murah, tetapi jika diterapkan pada mobil dalam jumlah banyak, secara subtansial akan mengurangi polusi polusi saat mobil dalam kondisi idling terutama dalam lalu lintas pusat kota yang ramai. BMW telah mengumumkan akan mengaplikasikan teknologi start-stop pada mobil produksinya.

2 comments:

  1. Mengenai konsumi bahan bakar serta proses pembakaran apakah ada pengaruh ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Secara prinsip proses pembakaran dari engine, digunakan untuk menggerakkan mobil, bila mobil dalam keadaan idle/stop umpamanya saat lampu merah, maka engine dimatikan.
      Ini tentunya bisa meningkatkan efisiensi engine itu sendiri.

      Delete